Studi Korelasi Konsep Diri dengan Tingkat Stress Remaja Penghuni Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.30787/asjn.v5i2.1590Keywords:
Adolescent, Orphanage, Self-concept, StressAbstract
Latar Belakang: Adanya ketidakmampuan remaja menyesuaikan diri atas keadaan kehidupannya menjadikan kerentanan pada keshatan mental remaja. Kehilangan orang tua, perpisahan dengan orang terdekat (keluarga), berada di panti asuhan merupakan stressor bagi remaja.. Konsep diri positif membantu individu dalam menghadapi stresor. Tujuan: Menjelaskan hubungan konsep diri dan tingkat stress remaja penghuni panti di Kota Surakarta. Metode: Penelitian cross sectional dengan desain korelasional analitik yang menggunakan uji chi square. Sampel penelitian berjumlah 32 orang remaja yang tinggal di PAKYM Surakarta yang sesuai kriteria inklusi: usia 10-19 tahun, tinggal lebih dari 6 bulan. Kuesioner stress menggunakan Perceive Stress Scale. Kuesioner konsep diri menggunkaan Self Concept Short Scale. Pengkategorian konsep diri dan tingkat stress dibedakan menjadi tinggi dan rendah didasarkan pada nilai mean. Hasil: mayoritas remaja penghuni PAKYM memiliki konsep diri tinggi dan tingkat stress tinggi. Nilai p value <0.05 yang berarti ada hubungan antara konsep diri dan tingkat stress remaja penghuni PAKYM Surakarta. Kesimpulan: Ada hubungan signifikan antara konsep diri dengan tingkat stress remaja penghuni PAKYM Surakarta.
Downloads
References
Dao-Tran, T.H., Anderson, D. and Seib, C. (2017) ‘The Vietnamese version of the Perceived Stress Scale (PSS-10): Translation equivalence and psychometric properties among older women’, BMC Psychiatry, 17(1), pp. 1–7. Available at: https://doi.org/10.1186/s12888-017-1221-6.
Distina, P.P. (2021) ‘Intervensi Mindful Breathing Untuk Mengatasi Stres Akademik Pada Remaja Sekolah Menengah Atas’, Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 3(2), pp. 124–140. Available at: https://doi.org/10.32923/psc.v3i2.1756.
Effendi, F.A. and Haryati, E. (2022) ‘Hubungan Kebermaknaan Hidup dengan Resiliensi pada Remaja di Panti Asuhan Bani Adam-As Medan’, Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), pp. 814–819. Available at: https://doi.org/10.34007/jehss.v5i1.1287.
Farisandy, E.D. and Surjaningrum, E.R. (2021) ‘Efektivitas Logoterapi dalam Meningkatkan Konsep Diri Remaja di Panti Sosial’, Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 7(1), p. 24. Available at: https://doi.org/10.22146/gamajpp.60551.
Fatwasari, A., Karini, S.M. and Karyanta, N.A. (2021) ‘Terapi Melukis untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja Panti Asuhan Nur Hidayah Surakarta Painting Therapy to Increase Self-Concept of Orphan Adolescent at Panti Asuhan Nur Hidayah Surakarta’, pp. 76–90.
Febristi, A. (2019) ‘Hubungan Faktor Individu dengan Self-Esteem (Harga Diri) Remaja Panti Asuhan di Kota Padang Tahun 2019’, Menara Ilmu, 14(1), pp. 8–18.
Febristi, A., Arif, Y. and Dayati, R. (2020) ‘Faktor Sosial Dengan Self Esteem (Harga Diri) Pada Remaja Dipanti Asuhan’, Jurnal Kebidanan Malahayati, 6(1), pp. 48–56. Available at: https://doi.org/10.33024/jkm.v6i1.2308.
Handayani, S. (2020). Pengukuran Tingkat Stres Dengan Perceived Stress Scale–10: Studi Cross Sectional Pada Remaja Putri Di Baturetno. Jurnal Keperawatan GSH, 9(1), 1-6.
Haryanti, D., Pamela, E.M. and Susanti, Y. (2016) ‘Perkembangan Mental Emosional Remaja Di Panti Asuhan’, Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(2), pp. 97–104.
Hendri, H. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 56-71. Available at: https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6528.
Huang, F. et al. (2020) ‘Psychometric properties of the perceived stress scale in a community sample of Chinese’, BMC Psychiatry, 20(1), pp. 1–7. Available at: https://doi.org/10.1186/s12888-020-02520-4.
Ibda, F., Ishak, N.A.B. and Mohd Nasir, M.A. Bin (2021) ‘Kesejahteraan Subjektif (Subjective Well-Being) Ditinjau Dari Sosio-Demografis Di Kalangan Remaja Yatim Yang Tinggal Di Panti Asuhan/Pesantren Yatim’, Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 7(2), p. 195. Available at: https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v7i2.10907.
KKawitri, A. Z., Listiyandini, R. A., & Rahmatika, R. (2020). Peran self-compassion terhadap dimensi-dimensi Kualitas hidup kesehatan pada remaja panti asuhan. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 01-18. Available at: https://doi.org/10.15575/psy.v7i1.4406.
Kementrian Agama. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Ma’ruf, M.G. (2019) ‘Hubungan Konsep Diri dan Self Control dengan Kebermaknaan Hidup’, Indonesian Psychological Research, 1(1), pp. 11–24. Available at: https://doi.org/10.29080/ipr.v1i1.166.
Marchella, S., Natalie, H., Ceasaria, M. R., Linarto, M. I., & Sandjaja, M. (2023). Program Remaja Bijak Bermedia Sosial untuk Mengurangi Stres Remaja di Panti Asuhan Akibat Penggunaan Media Sosial. Plakat: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 5(1), 28-43. Available at: https://doi.org/10.30872/plakat.v5i1.9506.
Maulana, A. (2023) ‘Hubungan Konsep Diri Dengan Tingkat Stress Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Ekstensi Kelas IIIB Di Universitas Indonesia Maju Tahun 2022’, Dohara Publisher Open Access Journal, 02(07), pp. 751–759.
Multahada, E. and Mabelle, M. (2015) ‘The influence of Self-Concept into the Self Esteem in the Orphanage’, TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 2(2), pp. 117–122. Available at: https://doi.org/10.15408/tjems.v2i2.2804.
Novarianing Asri, D., Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Madiun, P. and Madiun, K. (2020) ‘Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja (Studi Kualitatif pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun)’, Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1), pp. 1–11. Available at: http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang.
Noviekayati, I., Farid, M. and Amana, L.N. (2021) ‘Inferiority feeling pada remaja panti asuhan: Bagaimana peranan konsep diri dan dukungan sosial?’, Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), pp. 104–118. Available at: https://doi.org/10.30996/persona.v10i1.4826.
Osamy Zaid Anbar, H., Mahmoud Elewa, S. and Elias Abdel-Aziz, A. (2023) ‘Psychological challenges among Adolescents at Orphanages’, Egyptian Journal of Health Care, 14(2), pp. 234–247. Available at: https://doi.org/10.21608/ejhc.2023.294240.
Pakym (no date) Tentang Kami. Available at: https://pakymsurakarta.com/#.
Purnami, C.T. and Sawitri, D.R. (2019) ‘Instrumen “ Perceive Stress Scale ” Online Sebagai Alternatif Alat Pengukur Tingkat Stress Secara Mudah Dan Cepat’, Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Kepada MAsyarakat UNDIP-UNNES, pp. 311–314. Available at: https://proceedings.undip.ac.id/index.php/semnasppm2019/article/download/119/138.
Rahman, R.A.N., Kartinah, K. and Kusnanto, K. (2023) ‘Gambaran Kecemasan, Stress dan Depresi pada Usia Dewasa yang Menjalani Hemodialisa’, ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 4(1), pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.30787/asjn.v4i1.918.
Rukmini (2018) ‘Konsep Diri dan Perkembangan Remaja Di Panti Asuhan “Hasyim Asy’ari” Sidoharjo’, Jurnal Ners Lentera, 6(2), pp. 165–169.
Shafiq, F., Haider, S.I. and Ijaz, S. (2020) ‘Anxiety, depression, stress, and decision-making among orphans and non-orphans in Pakistan’, Psychology Research and Behavior Management, 13, pp. 313–318. Available at: https://doi.org/10.2147/PRBM.S245154.
Sitorus, M.R. and Maryatmi, A.S. (2020) ‘Hubungan antara harga diri dan stres dengan psychological well being pada remaja panti asuhan tanjung barat di jakarta’, Jurnal IKRA-ITH Humaniora , 4(3), p. 119.
Syahraeni, A. et al. (2020) ‘Pembentukan Konsep Diri Remaja’, Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 7(1), pp. 61–76. Available at: https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Irsyad_Al-Nafs/article/view/14463.
Veiga, F. and Leite, A. (2016) ‘Adolescents’ Self-concept Short Scale: A Version of PHCSCS’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217(351), pp. 631–637. Available at: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.079.
Wulandari, A.R. and Susilawati, L.K.P.A. (2016) ‘Peran Penerimaan Diri dan Dukungan Sosial terhadap Konsep Diri Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan di Bali’, Jurnal Psikologi Udayana, 3(3), pp. 135–144.
Wuon, A.S., Bidjuni, H. and Kallo, V. (2016) ‘Perbedaan Tingkat Depresi Pada Remaja Yang Tinggal Di Rumah Dan Yang Tinggal Di Panti Asuhan Bakti Mulia Karombasan Kecamatan Wanea Manado’, ejournal Keperawatan (e-Kp), 4(2), pp. 1–8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dyah Rahmawatie Ratna Budi Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.