Pengaruh Saluran Distribusi dan Kebijakan Promosi Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen dan Dampaknya Terhadap Volume Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.30787/jiembi.v2i1.1399Kata Kunci:
Distribution Channels, Promotion, Sales VolumeAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh saluran distribusi dan kebijakan promosi terhadap perilaku pembelian konsumen dan dampaknya terhadap volume penjualan. Adapun metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan dengan mengumpulkan, menyaring dan menganalisis berbagai tinjauan tekstual dari para ahli dari sumber-sumber jurnal. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan penggunaan data extraction yang merupakan teknik yang dilakukan untuk menganalisis data-data dari artikel yang sudah ditemukan yang kemudian dikumpulkan dan dibuat ringkasan guna menjadi sumber data utama untuk penelitian. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa berpengaruh atau tidaknya sebuah promosi dan juga saluran distribusi terhadap volume penjualan tergantung pada penerapan sistem saluran distribusi dan juga promosi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Di satu perusahaan promosi dan saluran distribusi dapat berpengaruh terhadap volume penjualan akan tetapi pada perusahaan lain promosi dan saluran distribusi dapat tidak berpengaruh terhadap volume penjualan.
Unduhan
Referensi
Ikbal, M., Saragi, S., & Sitanggang, M. L. (2021). The Effect of Sales Distribution Channels and Promotion Policies on Consumer Buying Behavior and Its Impact on Sales Volume. The International Journal of Business Review (The Jobs Review), 4(1), 23–32. https://doi.org/10.17509/tjr.v4i1.36172
Ismiati, I., & Widiyastuti, T. (2022). Analisis Harga Dan Saluran Distribusi Guna Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Home Industri Putri Kuning Desa Karangrejo). Parsimonia - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 20–27. https://doi.org/10.33479/parsimonia.v9i1.527
Jainuddin, J. & Ernawati, S., (2020). Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi terhadap Volume penjualan Sosis BEMART Cabang Bima. Jurnal Pamator, 13 (1)
Kotler, P., (2000). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium., Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia
Kotler, Philip & Keller K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Erlangga. Jakarta
Kotler, Philip. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga
Novitasari, D. (2021). Upaya Peningkatan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 melalui Optimalisasi Promosi, Harga, dan Saluran Distribusi pada Pusat Oleh-oleh Gudange Tahu …. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan …, 55–63. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/514
Setianingsih, A., Latifah, A., Ningrum, D. S., Pebriani, D., Ningtias, P. A., & Mardi, R. (2019). PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN: Studi Kasus pada PT Sinar Sosro Cabang Rancaekek Bandung. Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.30868/ad.v3i01.497
Sunyoto, Danang. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi, dan Kasus.Yogyakarta
Tjiptono, Fandy (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III. Yogyakarta: Andi Offset
Tjiptono, Fandy. (2010). Strategi Pemasaran. Edisi II. Andi Offset.Yogyakarta.
Yusnita, R. T., & Pebrianti, D. (2021). Analisis Volume Penjualan Berdasarkan Bauran Pemasaran Pada Home Industry Kerajinan Tas Mandiri Olshop Rajapolah. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 2(1), 12–30. https://doi.org/10.36423/jumper.v2i1.648
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.