Pengaruh Saluran Distribusi dan Kebijakan Promosi Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen dan Dampaknya Terhadap Volume Penjualan

Penulis

  • Aisyiyah Nur Aldilla
  • Annisa Zahra Salsabilla
  • Nurharyanti

DOI:

https://doi.org/10.30787/jiembi.v2i1.1399

Kata Kunci:

Distribution Channels, Promotion, Sales Volume

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh saluran distribusi dan kebijakan promosi terhadap perilaku pembelian konsumen dan dampaknya terhadap volume penjualan. Adapun metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan  studi kepustakaan dengan mengumpulkan, menyaring dan menganalisis berbagai tinjauan tekstual dari para ahli dari sumber-sumber jurnal. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan penggunaan data extraction yang merupakan teknik yang dilakukan untuk menganalisis data-data dari artikel yang sudah ditemukan yang kemudian dikumpulkan dan dibuat ringkasan guna menjadi sumber data utama untuk penelitian. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa berpengaruh atau tidaknya sebuah promosi dan juga saluran distribusi terhadap volume penjualan tergantung pada penerapan sistem saluran distribusi dan juga promosi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Di satu perusahaan promosi dan saluran distribusi dapat berpengaruh terhadap volume penjualan akan tetapi pada perusahaan lain promosi dan saluran distribusi dapat tidak berpengaruh terhadap volume penjualan.

Referensi

Ikbal, M., Saragi, S., & Sitanggang, M. L. (2021). The Effect of Sales Distribution Channels and Promotion Policies on Consumer Buying Behavior and Its Impact on Sales Volume. The International Journal of Business Review (The Jobs Review), 4(1), 23–32. https://doi.org/10.17509/tjr.v4i1.36172

Ismiati, I., & Widiyastuti, T. (2022). Analisis Harga Dan Saluran Distribusi Guna Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Home Industri Putri Kuning Desa Karangrejo). Parsimonia - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 20–27. https://doi.org/10.33479/parsimonia.v9i1.527

Jainuddin, J. & Ernawati, S., (2020). Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi terhadap Volume penjualan Sosis BEMART Cabang Bima. Jurnal Pamator, 13 (1)

Kotler, P., (2000). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium., Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia

Kotler, Philip & Keller K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Novitasari, D. (2021). Upaya Peningkatan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 melalui Optimalisasi Promosi, Harga, dan Saluran Distribusi pada Pusat Oleh-oleh Gudange Tahu …. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan …, 55–63. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/514

Setianingsih, A., Latifah, A., Ningrum, D. S., Pebriani, D., Ningtias, P. A., & Mardi, R. (2019). PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN: Studi Kasus pada PT Sinar Sosro Cabang Rancaekek Bandung. Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.30868/ad.v3i01.497

Sunyoto, Danang. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran Konsep, Strategi, dan Kasus.Yogyakarta

Tjiptono, Fandy (2008). Strategi Pemasaran, Edisi III. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, Fandy. (2010). Strategi Pemasaran. Edisi II. Andi Offset.Yogyakarta.

Yusnita, R. T., & Pebrianti, D. (2021). Analisis Volume Penjualan Berdasarkan Bauran Pemasaran Pada Home Industry Kerajinan Tas Mandiri Olshop Rajapolah. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 2(1), 12–30. https://doi.org/10.36423/jumper.v2i1.648

Diterbitkan

2024-01-31

Terbitan

Bagian

Articles