Analisis Strategi Pengembangan Usaha @Mac.schol Kabupaten Semarang

Penulis

  • Wibi Lambang universitas islam sultan agung

DOI:

https://doi.org/10.30787/jiembi.v1i1.1180

Kata Kunci:

SWOT analysis, strengths, weaknesses, opportunities, threats

Abstrak

Dalam menerapkan strategi keunggulan kompetitif yang tepat untuk diterapkan oleh suatu bisnis, pengusaha perlu melihat kondisi pasar dan menilai posisi mereka di pasar. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisis lingkungan bisnis baik lingkungan internal maupun eksternal yang biasa disebut analisis SWOT. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara mendalam dengan informan dalam penelitian ini yaitu pemilik @mac.schol, pegawai dan konsumen daerah Semarang dan sekitarnya. Sedangkan sekunder dikumpulkan melalui studi pustaka dan jurnal penelitian terdahulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis SWOT. Dari hasil IFAS dan EFAS tersebut posisi bisnis berada pada kuadran 1, dari kuadran tersebut maka strategi yang direkomendasikan adalah strategi agresif/progresif. Kemudian dari matriks SWOT alternatif yang tepat yang dapat diterapkan di @mac.schol kedepannya adalah strategi SO dengan mempertahankan usaha kekuatan dan meminimalkan kelemahan dan menghindari ancaman yang dilihat dari internal dan faktor eksternal melalui matriks analisis SWOT.

Kata Kunci: analisis SWPT, kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman.

Referensi

Fendy Hariatama. (2021). Analisis SWOT Terhadap Pelaksanaan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Lembaga Pendidikan Prima Mandiri Utama Palangka Raya. Edunomics Journal, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37304/ej.v2i1.2078

Kristanto, T., Muliawati, E. C., Arief, R., & Hidayat, S. (2017). Strategi Peningkatan Omset UKM Percetakan dengan Pendekatan Analisis SWOT. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November, 258–262. http://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/home/detail/1770/STRATEGI-PENINGKATAN-OMSET-UKM-PERCETAKAN-DENGAN-PENDEKATAN-ANALISIS-SWOT%0Ahttp://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/file/download_file/1770

Luntungan, W. G. A., & Tawas, H. N. (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5495–5504.

Mukhyi, M. A. (2004). Dimensi Manajemen Strategi.

Nur Afrillita, T. (2013). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Pada PT. Samekarindo Indah di Samarinda. EJournal Adminsitrasi Bisnis. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Pada PT. Samekarindo Indah Di Samarinda. EJournal Adminsitrasi Bisnis, 1(1), 1–6.

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53.

Supriyanto. (2012). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (umkm) Di Kota Malang Berbasis Webgis.5. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 3 No.1, 1–16.

Yudiaris, I. G. (2015). Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada Cv. Puri Lautan Mutiara. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1), 40–64. https://media.neliti.com/media/publications/5363-ID-analisis-lingkungan-internal-dan-eksternal-dalam-menghadapi-persaingan-bisnis-pa.pdf

Husain Umar, Desain Penelitian Manajemen Strategik, (Jakarta: Rajawali Press, 2010), 86.

Mudraja Kuncoro, Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif (Yogyakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2005), 51

Nurmaghribah, Mira. 2006. Strategi Pengembangan Usaha : Studi KasusDiana Bakery, Kota Bekasi. Skripsi. UIN Jakarta

Nurmala,dkk. 2022. Usaha kuliner sebagai penggerak UMKM pada masa pandemi Covid 19. Jurnal pengabdian kepada masyarakat. Universitas PGRI Palembang

Pearce Robinson, Manajemen Strategi Formulasi, Imlementasi dan Pengendalian Jilid 1,

(Jakarta : Binrupa Aksara, 2000), 231.

Sofyan Assauri, Manajemen Pemasaran, (Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, 2003), h.3.

Sondang, P. Siagian. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksar

Susanto, AB. 2014. Manajemen Strategik Komprehensif. Jakarta: Penerbit Erlangga

Diterbitkan

2023-07-06

Terbitan

Bagian

Articles