Urgensi Segmentasi Pasar Bagi Perusahaan: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.30787/jiembi.v2i2.1539Keywords:
Segmentasi, Segmentasi Pasar, Strategi Segmentasi, Analisis Segmentasi.Abstract
Segementasi pasar merupakan suatu strategi yang penting dalam proses pemasaran suatu produk karena dapat membantu perusahaan atau pemasar untuk mengidentifikasi pelanggan berdasarkan pada keinginan dan kebutuhannya secara tepat. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bahwa segmentasi dapat dijalankan dengan baik oleh pemasar dalam mengembangkan strategi pemasarannya, kemudian untuk mengetahui apa manfaat dari segmentasi dan bagaimana cara melakukan segemntasi suatu produk agar efektif dan efisien menjangkau konsumen. Design penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur review. Pendekatan penulisan dalam artikel ilmiah ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dan penelitian kepustakaan atau library research dengan bantuan referensi terkini yang diperoleh dari pencarian kutipan Google Schoolers dan Science Direct. Hasil penelitian dianalisis dan dijadikan bahan diskusi untuk menentukan jawaban dari permasalahan dari Penerapan Strategi Segmentasi oleh perusahaan. Hasil review literature menunjukkan bahwa adanya Strategi Segmentasi yang diterapkan perusahaan dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja pemasaran Penerapan strategi segmentasi sangat diperlukan oleh pemasar untuk dapat meningkatkan nilai pemasaran produk yang dijual. Hal ini disebabkan karena strategi segmentasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran.
Downloads
References
Assauri. (2020). Segmentasi Pasar. In Hanggarito & others (Eds.), Judul Buku/Artikel (p. 47). Nama Penerbit.
DJ. Yunni Rusmawati. (2017). PENERAPAN STRATEGI SEGMENTASI PASAR DAN POSITIONING PRODUK DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PADA UD . SURYA GEMILANG MOTOR DI SURABAYA. EKBIS, 17, 911–923.
Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan , Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas ( Literature Review Manajemen Pemasaran ). 1(1), 14–28.
Kasali, R. (1998). Membidik Pasar Indonesia: Segmenting, Targeting, Positioning. Gramedia Pustaka Utama.
Keren, A., & Peterson, R. A. (2015). Pemasaran Strategis (Edisi Pertama). Indeks.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Rajawali.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Marketing Management (12th ed.). Pearson Prentice Hall.
Mclean, G. (2020). Examining consumer attitudes towards retailers ’ m-commerce mobile applications – An initial adoption vs . continuous use perspective. Journal of Business Research, 106(August 2019), 139–157. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.08.032
Putri, M. K., Alfarisi, S., Agustin, R., & Surabaya, U. M. (2019). Balance Vol. XVII No. 2 | Juli 2019 ANALISIS SEGMENTASI PASAR DALAM PENGGUNAAN PRODUK VIEFRESH DI WILAYAH SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA. XVII(2), 156–161.
Setyowati, D. H., & Sartika, A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pangsa Pasar Industri Keuangan Syariah Non-Bank. 169–186. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v5i2.10986
Stanton, W., Etzel, M. J., & Walker, B. J. (2017). Fundamentals of Marketing (14th ed.). McGraw-Hill Education.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sunyoto. (2020). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Tjiptono, A. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Andi.
Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Jasa. Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (Edisi Kedua). ANDI.
Wijaya, P., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2014). Etika bisnis di pt. ssl. 2(2).
Zega, S. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME. 27(2), 177–183.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayu Setiyawan, Farid Muhammad Rofifudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.