Urgensi Segmentasi Pasar Bagi Perusahaan: Literature Review

Authors

  • Ayu Setiyawan Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Farid Muhammad Rofifudin Universitas ‘Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/jiembi.v2i2.1539

Keywords:

Segmentasi, Segmentasi Pasar, Strategi Segmentasi, Analisis Segmentasi.

Abstract

Segementasi pasar merupakan suatu strategi yang penting dalam proses pemasaran suatu produk karena dapat membantu perusahaan atau pemasar untuk mengidentifikasi pelanggan berdasarkan pada keinginan dan kebutuhannya secara tepat. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bahwa segmentasi dapat dijalankan dengan baik oleh pemasar dalam mengembangkan strategi pemasarannya, kemudian untuk mengetahui apa manfaat dari segmentasi dan bagaimana cara melakukan segemntasi suatu produk agar efektif dan efisien menjangkau konsumen. Design penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur review. Pendekatan penulisan dalam  artikel  ilmiah  ini  adalah  dengan menggunakan  metode  kualitatif dan penelitian kepustakaan atau library research dengan bantuan referensi terkini yang diperoleh dari pencarian kutipan Google Schoolers dan Science Direct. Hasil penelitian dianalisis dan dijadikan bahan diskusi untuk menentukan jawaban dari permasalahan  dari Penerapan Strategi Segmentasi oleh perusahaan. Hasil review literature menunjukkan  bahwa adanya  Strategi  Segmentasi  yang diterapkan perusahaan  dapat  memberikan  dampak positif  terhadap kinerja pemasaran Penerapan strategi segmentasi sangat diperlukan oleh pemasar untuk  dapat meningkatkan  nilai  pemasaran  produk yang dijual. Hal ini disebabkan  karena strategi segmentasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri. (2020). Segmentasi Pasar. In Hanggarito & others (Eds.), Judul Buku/Artikel (p. 47). Nama Penerbit.

DJ. Yunni Rusmawati. (2017). PENERAPAN STRATEGI SEGMENTASI PASAR DAN POSITIONING PRODUK DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PADA UD . SURYA GEMILANG MOTOR DI SURABAYA. EKBIS, 17, 911–923.

Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan , Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas ( Literature Review Manajemen Pemasaran ). 1(1), 14–28.

Kasali, R. (1998). Membidik Pasar Indonesia: Segmenting, Targeting, Positioning. Gramedia Pustaka Utama.

Keren, A., & Peterson, R. A. (2015). Pemasaran Strategis (Edisi Pertama). Indeks.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Rajawali.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Marketing Management (12th ed.). Pearson Prentice Hall.

Mclean, G. (2020). Examining consumer attitudes towards retailers ’ m-commerce mobile applications – An initial adoption vs . continuous use perspective. Journal of Business Research, 106(August 2019), 139–157. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.08.032

Putri, M. K., Alfarisi, S., Agustin, R., & Surabaya, U. M. (2019). Balance Vol. XVII No. 2 | Juli 2019 ANALISIS SEGMENTASI PASAR DALAM PENGGUNAAN PRODUK VIEFRESH DI WILAYAH SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA. XVII(2), 156–161.

Setyowati, D. H., & Sartika, A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pangsa Pasar Industri Keuangan Syariah Non-Bank. 169–186. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v5i2.10986

Stanton, W., Etzel, M. J., & Walker, B. J. (2017). Fundamentals of Marketing (14th ed.). McGraw-Hill Education.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunyoto. (2020). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Tjiptono, A. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran. Andi.

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Jasa. Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (Edisi Kedua). ANDI.

Wijaya, P., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2014). Etika bisnis di pt. ssl. 2(2).

Zega, S. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME. 27(2), 177–183.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Setiyawan, A., & Farid Muhammad Rofifudin. (2024). Urgensi Segmentasi Pasar Bagi Perusahaan: Literature Review. Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 70–77. https://doi.org/10.30787/jiembi.v2i2.1539

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.