Hubungan Waktu Tunggu Pasien dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Klinik Mitra Sehat Karanganyar

Authors

  • Fitria Eka Ressti Wijayanti STIKES Tujuh Belas Karangayar
  • Exda Hanung Lidiana Universitas 'Aisyiyah Surakarta
  • Agung Widiastuti Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/asjn.v4i1.1195

Keywords:

Waiting time, Patient satisfaction level, Health services

Abstract

Latar Belakang: Waktu tunggu merupakan kondisi yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien, jika waktu tunggu tidak berharga maka akan berdampak pada ketidakpuasan pasien. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu dan tingkat kepuasan pasien. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 pasien, menggunakan total sampling. Hasil: Waktu tunggu pasien di klinik Mitra Sehat Karanganyar adalah <45 menit untuk 18 responden, dan >46 menit untuk 2 responden, sudah memiliki waktu tunggu yang cepat dan pada tingkat kepuasan pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dengan hasil yang memuaskan sebanyak 18 responden (90%), dan tidak puas sebanyak 2 responden (10%), Bisa dikatakan puas. Nilai p adalah 0,005 < (0,05), yang berarti ada hubungan yang signifikan antara waktu tunggu dan kepuasan pasien. Kesimpulan: Kepuasan pasien dipengaruhi oleh waktu tunggu pasien. Memiliki komitmen dan kedisiplinan waktu dalam memberikan pelayanan kesehatan sangatlah penting agar menghindari pasien menunggu lama serta meningkatkan kepuasan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhikari, M., Paudel, N. R., Mishra, S. R., Shrestha, A., & Upadhyaya, D. P. (2021). Patient satisfaction and its socio- demographic correlates in a tertiary public hospital in Nepal: a cross-sectional study. BMC Health Services Research, 21(135),110.https://doi.org/10.1186/s12913-021 06155-3

Afrioza, S., & Baidillah, I. (2021). Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sepatan. Journal Of Nursing Practice And Education, 01(02), 169–180. https://doi.org/10.34305/JNPE.V1I2.305

Dewi, A. U. (2015). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftarn Pasien Rawat Jalan (Tpprj) Rsud Sukoharjo. Artikel Penelitian. http://eprints.ums.ac.id/36185/1/02 Naskah Publikasi.pdf

Dewi, S., Machmud, R., & Lestari, Y. (2019). Analisis waktu tunggu rawat jalan di rsud dr. Achmad darwis suliki tahun 2019. In Fakultas Kedokteran. Universitas Andalas.

Fatrida Dedi., & Saputra Andesma. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal Aisyiyah Medika, 4(1), 11-21

Fauziyyah, S. (2021). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUD Cempaka Putih Tahun 2020. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 5(1), 89–95. https://doi.org/10.52643/marsi.v5i1.1299

Hasan (2013). Hubungan Waiting Times/Waktu Tunggu Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Mata Pada Instalasi Rawat Jalan Di Rsud Tarakan Propinsi Kalimantan Timur Tahun 2013. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/11620/2/hasanc1211-3380-1-14-hasan-5%201-2.pdf.

Hasan, S. M. T., Khan, M. A., & Ahmed, T. (2021). Institute of medicine recommendations on the rate of gestational weight gain and perinatal outcomes innrural Bangladesh. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(1–16). https://doi.org/10.3390/ijerph18126519

Jaya, M. K. A., & Apsari, D. P. (2018). Gambaran waktu tunggu dan identifikasi faktor yang mempengaruhi lama waktu tunggu pelayanan obat atas resep dokter di puskesmas Kota denpasar. Medicamento, 4(2), 94–99. https://ejournal.unmas.ac.id/index.php/Medicam ento/article/view/861

Karaca, A., & Durna, Z. (2019). Patient satisfaction with the quality of nursing care. Nursing Open, 1–11. https://doi.org/10.1002/nop2.237

Laeliyah, N., & Subekti, H. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 102–112. https://doi.org/10.22146/jkesvo.27576

Minister of Health, Pub. L. No. NUMBER HK.01.07 /MENKES/239/2020, 01.07 Decree of the Minister of Health of the Republic of Indonesia 1 (2020).

Nurheda, Usman, & Rusman, A. D. P. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Di Puskesmas Maiwakabupaten Enrekang. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(3), 201–216. https://doi.org/10.31850/makes.v1i3.10

Nuviana, W., Noor, M., & B, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Di Uptd. Puskesmas Lempake. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 6(4), 1621–1634.

Purnomo, W., Hariyanti, T., & Prastowo, W. (2021). Analisa Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan di RS Universitas Brawijaya. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(4), 447–452. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i4.6904

Rusnoto, Cholifah, N., & Kusmiyati, Y. (2019). Pelayanan Keperawatan, Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus. University Research Colloqium (Urecol), 1–12. https://doi.org/10.35473/ijnr.v4i1.1143

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sinurat, S., Perangin-angin, I. H., & Sepuh, J. C. L. (2019). Hubungan Response Time Perawat Dengan TingkatKepuasan Pasien BPJS Di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Penelitian Keperawatan, 5(1), 1– 13. https://doi.org/10.32660/jurnal.v5i1.330

Yuliani, N. N., Rae, A., Hilaria, M., & Takubessi, M. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Oebobo Kota Kupang Tahun 2018. Jurnal Inovasi Kebijakan, 5(1), 41–52. https://doi.org/10.37182/jik.v5i.49

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Wijayanti, F. E. R., Lidiana, E. H., & Widiastuti, A. (2023). Hubungan Waktu Tunggu Pasien dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Klinik Mitra Sehat Karanganyar. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 4(1), 40–45. https://doi.org/10.30787/asjn.v4i1.1195

Issue

Section

Articles