PELATIHAN DAN PEMBENTUKAN PIK M (PUSAT INFORMASI DAN KONSELING-MAHASISWA) DI KOTA YOGYAKARTA TRAINING AND ESTABLISHMENT OF PIK M (STUDENT AND CONSELING-INFORMATION CENTER) IN YOGYAKARTA CITY
DOI:
https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i1.307Keywords:
Pelatihan, PIK MAbstract
Latar Belakang: Remaja merupakan masa peralihan dari fase anak-anak menuju dewasa. Dalam  fase ini, remaja memiliki permasalahan yang kompleks. Remaja sangat gampang terpengaruh dengan lingkungan, sehingga harapannya mahasiswa bisa beradaptasi dengan perkembangan dan perubahan yang ada. Perlu perhatian khusus bagi remaja yang berada difase ini. Oleh karena itu, perlunya informasi yang benar dan tepat yang bersumber dari mereka sendiri. Tujuan: Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran melalui PIK R yaitu tentang kesehatan reproduksi remaja. Metode: Dalam pengabdian ini menggunakan 3 tahapan yaitu pra pelaksanaan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan dan pengabdian ini berlangsung 2 hari. Hasil: Penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah pelatihan PIK M dan terdapat perbedaan perilaku sebelum dan sesudah pelatihan PIK M
References
Sarwono, SW. 2012. Psikologi Remaja. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Farisa,TD, Deliana, SM., & Hendriyani, D. 2013. Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Seksual Menyimpang Pada Remaja Tunagrahita Slb N Semarang. Developmental and Clinical Psychology 2. Available at: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/dcp. Diakses 7 November 2017.
Santrock, JW. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2011. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta. Hal.147.
Mubarak, Wahid Iqbal,dkk. 2007. Promosi Kesehatan Sebuah Metode Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Azwar. 2009. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan Jakarta: Rineka Cipta.