EDUKASI BUDIKDAMBER SEBAGAI SARANA KEBUN GIZI PADA SISWA SD NEGERI LEDOKNONGKO KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.30787/gemassika.v8i1.1373Keywords:
budikdamber, kebun gizi, aquaponik, siswaAbstract
Latar belakang: Isu pangan masih menjadi tantangan untuk memenuhi kebutuhan primer manusia. Hal ini disebabkan kurangnya aspek ketersediaan dan keterjangkauan pangan di masyarakat. Kebun gizi menjadi salah satu alternatif untuk menyediakan bahan pangan yang murah dan terjangkau dalam rangka pemenuhan gizi. Tujuan: Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pelatihan budidaya ikan dan sayuran melalui sistem pertanian Budikdamber sebagai sarana kebun gizi di sekolah. Metode: Kegiatan pengabdian terdiri dari beberapa tahapan, meliputi kegiatan konsolidasi, persiapan, pelaksanaan kegiatan, pemeliharaan, pemanenan, monitoring dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan pembuatan budikdamber. Hasil: Mitra pengabdian mengikuti keseluruhan rangkaian dengan antusias. Mitra terlibat aktif dalam pelatihan hingga pemanenan budikdamber. Tanaman kangkung dipanen sebanyak 2 kali selama kegiatan pengabdian, sedangkan ikan lele dipanen diakhir pemeliharaan. Berdasarkan hasil kuesioner, tingkat pengetahuan mitra mengenai budikdamber meningkat sebesar 30% setelah mengikuti kegiatan. Kesimpulan: Setelah mengikuti kegiatan ini, mitra pengabdian diharapkan dapat melakukan transfer ilmu dan ketrampilan di lingkungan keluarga dalam rangka menyediakan bahan pangan yanhg terjangkau dan murah.
References
Adil, M. et al. (2022) ‘Pemberdayaan Masyarakat Desa Rowokembu, Kabupaten Pekalongan melalui Pelatihan Budidaya Ikan dalam Ember dan Kebun Gizi (Community Empowerment of Rowokembu Village, Pekalongan through Training on Aquaculture and Vegetable Garden)’, Agrokreatif, 8(3). Available at: https://pekalongankab.go.id/.
Adimihardja, S. A., Sunardi, O. and Mulyaningsih, Y. (2017) ‘Pengaruh tingkat pemberian zpt gibberellin (ga3) terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman kangkung air (Ipomea aquatica forsk l.) Pada sistem hidroponik floating …’, Jurnal Pertanian, 4(April), pp. 33–47. Available at: https://unida.ac.id/ojs/jp/article/view/546.
BPN RI (2023) 'Rencana Aksi Badan Pangan Nasional Tahun 2023', Badan Pangan Nasional, p. 37. Available at: https://badanpangan.go.id/storage/app/media/2023/Dokumen PPID Berkala 2023/Rencana Aksi Badan Pangan Nasional Tahun 2023.pdf.
Fransira, I., Oedjoe, M. D. R. and Rebhung, F. (2023) 'Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) Dalam Meningkatkan Gizi Masyarakat Kota Kupang', Community Development Journal, 4(5), pp. 10810–10814.
Jaiz, M. et al. (2022) ‘Pelatihan Budidaya Tanaman Kangkung Dan Ikan Lele Menggunakan Ember Guna Mendukung Ketahanan Pangan Masyarakat Ds. Barengkok Kec. Kibin Kab. Serang’, 9(November).
Khotimah, K. et al. (2021) ‘Implementation of Fish Farming in Buckets To Improve Softskill Teachers and Students In SMP N 4 Rantau Panjang, Ogan Ilir Regency’, Altifani Journal: International Journal of Community Engagement, 1(2), p. 74. doi: 10.32502/altifani.v1i2.3549.
Kurniasih, D. E. and Adianto, J. (2018) ‘30881-78942-1-Pb’, pp. 93–97.
Noviani, N. E., Salmiyati, S. and Nugraheni, I. A. (2020) ‘Sosialisasi dan Pembibitan Kebun Gizi Vertiminaponik untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan di Desa Tuksono, Sentolo, Kulon Progo’, University Research Colloquium, pp. 171–176.
Nugraheni, I. A. et al. (2023) ‘Meningkatkan Ketahanan Pangan Di Panti Asuhan Yatim Putri ’ Aisyiyah Yogyakarta’, Community Development Journal, 4(2), pp. 4719–4723.
Nugraheni, I. A., & Fardhani, D. M. (2022). Pemenuhan Gizi Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Budidaya Ikan Dan Tanaman Sayur Dalam Ember: Fulfillment Of Family Nutrition During The Covid-19 Pandemic Through Fish And Vegetable Cultivation In Buckets. Baktimu: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 23-30. http://jurnal.polinela.ac.id/index.php/PROSIDING.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.