HUBUNGAN DURASI BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP NYERI CARPAL TUNNEL SYNDROME PADA PENGGUNA WIFI CORNER DI TELKOM SRAGEN

Authors

  • Agung Sidhiq Hidayat Fisioterapi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional
  • Diyono Fisioterapi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional
  • Warih Anjari Dyah K Fisioterapi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.30787/phyjou.v4i1.1288

Keywords:

Game online, Carpal Tunnel Syndrome, Durasi Bermain

Abstract

Game online merupakan permainan yang dapat dimainkan oleh banyak orang pada waktu bersamaan melalui jaringan internet. Dampak positif dari bermain game online adalah dapat menghilangkan stres akibat rutinitas, cepat menyelesaikan soal permasalahan dan tanggap akan cepatnya perkembangan tekologi, sedangkan dampak negatifnya adalah kecanduan dimana akan berpengaruh terhadap aktifitas fungsional dari tangan saat memegang handphone, salah satu kejadian yang bisa muncul dari hal tersebut adalah adanya Carpal Tunne Syndrome yang menyebabkan nyeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan durasi bermain game online terhadap nyeri carpal tunnel syndrome pada penguna Wifi Corner di Telkom Sragen. Jenis penelitian yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel dari 40 populasi pemain dilakukan dengan cara purposive random sampling dan dalam penelitian ini mendapatkan satu sampel drop out. Pengukuran Carpal Tunnel Syndrome menggunakan Boston Carpal Tunnel Questionnaire (BCTQ). Berdasarkan uji Spearman’s rho Test menunjukkan bahwa nilai p = 0,006 pada uji hubungan tersebut < 0,05 yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara durasi bermain game online terhadap nyeri Carpal Tunnel Syndrome pada penguna Wifi Corner di Telkom Sragen. Adapun kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh ada hubungan antara durasi bermain game online terhadap nyeri Carpal Tunnel Syndrome bola pada pemain game online di Telkom Sragen.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., & Munthe, S. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.

Djoar, R. K., & Martha, A. (2019). Pengaruh Mobilisasi Pergelangan Tangan Setelah Diberikan Ultrasound Terhadap Penurunan Nilai Nyeri Pasien Carpal Tunnel Syndrome. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 5(2), 152–157. https://doi.org/10.33023/jikep.v5i2.487

Fathimahhayati, L. D., Pawitra, T. A., & Tambunan, W. (2020). Analisis ergonomi pada perkuliahan daring menggunakan smartphone selama masa pandemi covid-19: studi kasus mahasiswa Prodi Teknik Industri Universitas Mulawarman. Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering, 12(3), 309. https://doi.org/10.22441/oe.2020.v12.i3.004

Fitrajaya, R. R., Utomo, I. P., & Handayani, L. (2022). Dampak Kesehatan Akibat Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal Cakrawala Promkes, 4(2), 102–113. https://doi.org/10.12928/promkes.v4i2.5651

Imada, A. O., Oloyede, S. F., & Mercer, D. (2021). Extended Flexor Carpi Radialis Approach. Journal of Orthopaedic Trauma, 35(9), S1–S5. https://doi.org/10.1097/BOT.0000000000002207

Ken, E., Lisay, R., Polii, H., & Doda, V. (2016). Carpal Tunnel Syndrome Pada Juru Ketik Di Kecamatan Malalayang Kota Manado. Kedokteran Klinik, 1(2), 46–52. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkk/article/viewFile/14942/pdf

Lebho, M. A., Lerik, M. D. C., Wijaya, R. P. C., & Littik, S. K. A. (2020). Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau dari Kesepian dan Kebutuhan Berafiliasi pada Remaja. Journal of Health and Behavioral Science, 2(3), 202–212. https://doi.org/10.35508/jhbs.v2i3.2232

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402

Pramandani, N. L. M. S., & Wirawan, I. M. A. (2021). FAKTOR RISIKO CARPAL TUNNEL SYNDROME PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS PEMAIN GAME ONLINE DI KOTA DENPASAR. Arc. COm. Health, 8(1), 91–108.

Prasetyo, A., Rondli, W. S., & Ermawati, D. (2023). Dampak Permainan Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 333–340. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4733

Putra, H., & Ratnawati, D. (2020). Hubungan Perilaku Bermain Game Online dengan Carpal Tunnel Syndrome Pada Remaja. Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, 2(1), 1–12. https://ijhd.upnvj.ac.id/index.php/ijhd/article/view/34

Rotem, G., & Arami, A. (2023). Carpal Tunnel Syndrome. Israel Medical Association Journal, 25(7), 507–510. https://doi.org/10.37824/jkqh.v10i2.2022.388

Sains, B. L. P., Sucipto, Rita Dwi Pratiwi, & Ida Listiana. (2022). Hubungan Intensitas Bermain Game Online Di Era Pandemi Covid-19 Dengan Nyeri Pergelangan Tangan Pada Siswa Smk Insan Kamil Tartila. Frame of Health, 1(2), 1–10.

Syapitri, H., Amilia, N., & Aritonang, J. (2021). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Kesehatan (A. H. Nadana (ed.)). Ahlimedia Press.

Wahyuningtyas, S., Isro’in, L., & Maghfirah, S. (2019). Hubungan Antara Perilaku Penggunaan Laptop Dengan Keluhan Musculosceletal Disorder (MSDS) Pada Mahasiswa Teknik Infomatika. Prosiding 1st Seminar Nasional Dan Call for Paper, 196–206.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles