Pengaruh Tarif Pengiriman, Kualitas Pelayanan, Dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Semarang

Penulis

  • Wahyu Tri Utomo a:1:{s:5:"en_US";s:36:"Universitas Dian Nuswantoro Semarang";}
  • Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra

DOI:

https://doi.org/10.30787/jiembi.v2i1.1408

Kata Kunci:

tarif pengiriman, kualitas pelayanan, ketepatan waktu, kepuasan pelanggan

Abstrak

 

Kepuasan pelanggan merupakan sebagai perasaan para pelanggan, baik itu berupa suatu kesenangan atau rasa kekecewaan pelanggan timbul dari membandingkan penampilan sebuah suatu produk akan dihubungkan dengan harapan pelanggan atas produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tarif pengiriman, kualitas pelayanan, dan ketepatan waktu terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Di Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan menggunakan data primer berupa kuesioner. Populasi yang digunakan yaitu pelanggan pengguna jasa pengiriman PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) di seluruh bagian Kota Semarang yang pernah menggunakan lebih dari 2 kali pemakaian. Sampel yang digunakan adalah 104 responden, dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan masing-masing variabel, tarif pengiriman berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan berpangaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan ketepatan waktu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan secara simultan tarif pengiriman, kualitas pelayanan, dan ketepatan waktu terhadap kepuasan pelanggan.

Referensi

Akbar, A., & Muniarty, P. (2022). Pengaruh Harga Dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Konsumen Satria Antaran Prima (SAP) Express Di Kota Bima.

Akbar Maula Fachreza, Ari Arisman, B. B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pada Konsumen PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Cabang Indihiang). Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi (JISMA),

Anshar, A., & Mashariono. (2019). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(4), 1–16.

Attamimi, F. M., Hufron, M., & Rahman, F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen JNE Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 2010, 27–39.

Bahrun, K., & Putra, K. G. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Pos Indonesia Di Kota Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis(JMMIB), 4(1).

Febriani, A., & Cahya, H. N. (2021). Penerapan Jual Beli Akad Salam Dan Istishna’ Dalam Layanan Shopee. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Vol. 24(2016), 66–74.

Fitri, A. A., Haziroh, A. L., Sartika, M., & Wardhani, M. F. (2024). Meningkatkan Keputusan Pembelian Skincare Korea Dengan Pengetahuan Produk Halal. Economics and Digital Business Review 5(1), 273–288.

Hafizha, S., Abdurrahman, & Sri Nuryani, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61–72.

Jaya Sakti, B., & Manajemen, J. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada J&T Express Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–8.

Jayanti, K. F., Fatimah, F., & Izudin, A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman Barang Jne Di Besuki. Relasi: Jurnal Ekonomi, 18(1), 182-191.

Mawarni, O. D., & Adi, S. W. (2022). Pengaruh Fasilitas Sistem Pelacakan Online, Ketepatan Waktu Pengiriman, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express (Studi Pada J&T Express Cabang Kota Karanganyar). Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 445–450.

Melisari, Farida, E., & Millaningtyas, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Dan Kepercayaan Layanan J&T Express Terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja Di Marketplace (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Unisma) Melisari*).

Muafa, I. W. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman JNE Di Merauke. Journal of Businness & Management, 1(1).

Ningtiyas, T. S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Pengiriman Barang. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1), 46–53.

Sudaryana, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Indonesia (Persero) Kota Tangerang. Journal of Management Review,

Sunarmintyastuti, L., Arie Prabowo, H., Sandiar, L., Aries Suprapto, H., Manurung, L., & Iramdan. (2021). Pengaruh Pelayanan Daring dan Ketepatan Waktu Pelayanan terhadap Kepuasaan Pelanggan BPRS AL Salaam Cilengsi Bogor. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 1–7.

Tiki cabang Semarang. (n.d.). Maps, Google. Retrieved November 26, 2023, from https://www.google.com/maps/place/TIKI+Cabang+Semarang

Wulandari, Z., & Sevtiani, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Express Karawang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6)

Diterbitkan

2024-01-31

Terbitan

Bagian

Articles