INISIASI PEMBENTUKAN KADER PROMKESGILUT PEMUDA MUHAMMADIYAH MASJID ISLAHUL UMAM DUSUN TALKONDO, PONCOSARI, SRANDAKAN, BANTUL YANG MUDA DANBERKEMAJUAN

Main Article Content

Arya Adiningrat
Wustha Farani

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan tubuh yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya sebab kesehatan gigi dan mulut akan mempengaruhi kesehatan tubuh keseluruhan. Menurut data Riskesdas 2018 sebanyak 57,6% penduduk Indonesia bermasalah gigi dan mulut selama 12 bulan terakhir, tetapi hanya 10,2% yang mendapat perawatan oleh tenaga medis gigi. Hal tersebut dapat terjadi karena masih rendah-nya motivasi masyarakat dalam menjaga kesehatan gigi dengan perawatan dan pemeriksaan rutin ke tenaga kesehatan. Masyarakat cenderung akan datang, jika sudah dalam kondisi sakit. Rendahnya motivasi tersebut dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat terkait dengan masalah kesehatan gigi dan mulut. Berdasarkan hal tersebut, dibentuklah kader promosi kesehatan gigi dan mulut di wilayah Kecamatan Srandakan. Pembentukan kader tersebut bekerja sama dengan Posbindu Bisma Remaja Masjid Islahul Umam Dusun Talkondo. Dalam pembentukan kader tersebut, diberilah berbagai macam materi teori dan praktik untuk membekali kader yang dibentuk. Selama kegiatan berlangsung, dilakukan pengambilan nilai  pre-test dan post-test untuk mengetahui tingkat pengetahuan calon kader PromkesGilut. Hasil nilai sig. (2- tailed) sebesar 0.008. berdasarka nilai tersebut, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perlakuan yang diberikan ( sig. <0.05). Dengan terbentuknya kader PromkesGiLut, informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat tersampaikan kepada masyarakat khususnya remaja- remaja anggota binaan di Posbindu Bisma dan menambah antusiasme warga dalam memperhatikan kesehatan gigi dan mulut.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Arya Adiningrat, Program Studi Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, UMY

Molecular-Medicine and Therapy Research Laboratory, Faculty of Medicine and Health Sciences, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

References

Depkes RI. 2010. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Depkes RI.

Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan, 2012, Pedoman pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil dan anak usia balita bagi tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

Iswarawanti, Dwi Nastiti. 2010. Kader Posyandu: Peranan Dan Tantangan Pemberdayaannya Dalam Usaha Peningkatan Gizi Anak Di Indonesia. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. Vol. 16 No. 4 Hal 169 – 173.

Kementerian kesehatan RI. 2019. INFODATIN Pusat Data dan Informasi Kemeterian Kesehatan RI. Jakarta Selatan.

Kemenkes Ri. 2007. Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.

Kemenkes Ri. 2018. Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Zulkifli ,Amsyah. 2003, Manajemen Kearsipan. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.