PELATIHAN KETRAMPILAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PSIKOSOSIAL PADA REMAJA DI SMP NEGERI 6 KOTA GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.30787/gemassika.v4i2.578Keywords:
Pengembangan, Psikososial, Remaja.Abstract
Masa remaja adalah masa peralihan antara masa kanak-kanak dan dewasa. Pada masa tersebut remaja mengalami banyak perubahan baik fisik, hormonal dan psikosoial. Remaja sering merasa tidak nyaman dan bereaksi secara emosiaonal, misalkan mudah tersinggung, mudah marah, suka membantah, tidak mau lagi dianggap sebagai anak, tetapi belum dapat diberi tanggung jawab penuh sevagai orang dewasa. Berbagai perubahan dapat mempengaruhi lingkungan remaja sehingga dapat menyebabkan remaja rawan terhadap perilaku berisiko seperti hubungan seks pranikah, IMS, HIV/AIDS, Napza termasuk rokok dan tawuran. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan remaja dalam menghadapi berbagai tantangan terkait masalah kesehatan yang ditemui dalam berkehidupan social. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah Pelatihan meliputi ceramah yang diberikan oleh pemateri, tanya jawab dan praktik menggunakan studi kasus dan roleplay. pendekatan studi kasus. Hasil dari kegiatan ini Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian masyarakat, kegiatan ini memberikan kemampuan pengembangan kompetensi psikososial remaja yang diwujudkan dalam bentuk kemampuan remaja menolak pengaruh negatif yang ditunjukkan dalam hasil penilaian kuisioner, praktik dan roleplay
References
Aspiah, A., & Mulyono, S. (2020). Peran Perawat Sekolah dalam Memberikan Edukasi Kesehatan Terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Usia Sekolah: Tinjauan Literatur. Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES†(Journal of Health Research “Forikes Voiceâ€), 11(April), 26. https://doi.org/10.33846/sf11nk204
Direktorat Bina Kesehatan Anak. (2016). modul pelatihan pkpr bagi konselor sebaya.pdf.
F Hanadayani. (2020). Peningkatan Pengetahuan Siswa SMA Muhamadiyah tentang Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja (TRIAD KRR). 2(1), 9–17.
Hidayati, N. O., Lukman, M., Sriati, A., Widianti, E., & Agustina, H. S. (2017). Pembentukan Konselor Teman Sebaya Dalam Upaya Preventif Perilaku Kekerasan Pada Remaja Di Smp Negeri 1 Pangandaran. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(2), 125–128.
Iga Nur Fitriani. (2016). Pengembangan Metode Pelatihan Dengan Problem Card Dalam Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi. JHE (Journal of Health Education), 1(1), 21–25.
Keperawatan, J., Bhakti, K., Fitriana, N. G., Kurniawati, R., Maternitas, D. K., Keperawatan, A., & Temanggung, A. (2020). Metode Ceramah Melalui Media Audiovisual. 6, 50–55.
Kesehatan, P., Remaja, R., Dalam, P., Pengetahuan, S. M. A. D., Kesehatan, S., & Siswa, R. (2016). Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja (PKRR) Dalam Kurikulum SMA Dan Pengetahuan & Sikap Kesehatan Reproduksi Siswa. Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja (PKRR) Dalam Kurikulum SMA Dan Pengetahuan & Sikap Kesehatan Reproduksi Siswa, 8(1), 69–78. https://doi.org/10.14710/jpki.8.1.69-78
Mazaya, K. N., & Supradewi, R. (1970). Konsep Diri Dan Kebermaknaan Hidup Pada Remaja Di Panti Asuhan. Proyeksi, 6(2), 103. https://doi.org/10.30659/p.6.2.103-112
Menkes RI. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan No. 2406 TAHUN 2011 Tentang Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik, 4.
Notoadmojo. (2012). Pendidikan Dan Prilaku. JAKARTA: RINEKA CIPTA.
Rahayu, A., Meitria, S., Fahrini, Y., Fauzie, R., & Andini, O. (2017). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Remaja dan Lansia.
Rahmah, I. F. (2016). Etika Pergaulan Remaja Muslim yang Ramah Ditinjau dari Konsep Peace Education ; Studi di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Pendidikan Madrasah, 1(November), 245–256.
Sari, N. P. (2017). Pengembangan modul pelatihan konseling teman sebaya untuk anggota pmr di smp negeri 1 banjarmasin. Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis Kkni, 4–6.
Suharto, M. P., Mulyana, N., & Nurwati, N. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Tki Di Kabupaten Indramayu. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2), 135. https://doi.org/10.24198/focus.v1i2.18278
Trisetiyaningsih, Y., Hutasoit, M., Utami, K. D., Kesehatan, F., Jenderal, U., Yani, A., … Yani, A. (2020). Pendidikan kesehatan tentang pubertas sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kesiapan siswa sekolah dasar. 2(1), 18–22.
Ziapour, A., Sharma, M., Nejhaddadgar, N., Mardi, A., & Tavafian, S. S. (2020). Educational needs assessment among 10-14-year-old girls about puberty adolescent health of Ardebil. Archives of Public Health, 78(1), 1–6. https://doi.org/10.1186/s13690-019-0388-3