PENGARUH MEDIA LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PASANGAN USIA SUBUR (PUS) DI DUSUN PRINGGOLAYAN

Authors

  • Suci Musvita Ayu Universitas Ahmad Dahlan
  • Wella Widyani Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.30787/gemassika.v6i2.561

Keywords:

PUS, KB, leaflet, pengetahuan, sikap

Abstract

Kurangnya angka kontribusi KB di RT 06, 07, 08, dan 09 Dusun Pringgolayan menyebabkan tingginya angka PUS 4T. Hal ini juga ditambah dengan kurangnya pengetahuan dan sikap PUS tentang 4T dan metode-metode kontrasepsi. Metode yang digunakan adalah Kuantitatif Deskriptif, yaitu dengan menggambarkan pengetahuan dan sikap terkait KB dan kontrasepsi di Dusun Pringgolayan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah leaflet dan kuesioner yang disebarkan ke 34 PUS yang tidak ber-KB di wilayah RT 06, 07, 08 dan 09. Leaflet berguna untuk memberikan informasi kepada PUS terkait 4T dan metode-metode kontrasepsi. Kuesioner berguna sebagai alat untuk mengukur pengaruh pemberian leaflet terhadap pengetahuan dan sikap responden terkait KB. Setelah dilakukan penyebaran leaflet, diketahui terdapat peningkatan pengetahuan namun tidak bermakna secara statistik (p-value: 0,346) dan terdapat peningkatan sikap namun tidak bermakna secara statistik (p-value: 0,100). Peningkatan yang tidak bermakna secara statistik ini disebabkan ada beberapa PUS yang mengalami penurunan skor pengetahuan dan sikap sesudah dilakukan intervensi. Penurunan skor ini dapat disebabkan oleh responden yang tergesa-gesa dalam pengisian kuesioner, responden tidak membaca leaflet terlebih dahulu sebelum mengisi kuesioner, serta penggunaan media leaflet yang kurang efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap PUS terkait KB.

Author Biographies

Suci Musvita Ayu, Universitas Ahmad Dahlan

Faculty of Public Health

Wella Widyani, Universitas Ahmad Dahlan

Faculty of Public Health

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arum. (2011). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Bina Pustaka.

BKKBN. (2014). Pedoman Kebijakan Teknis KB dan Kespro. Jakarta: Kantor Mentri Negara Kependudukan.

Handayani, S. (2010). Buku Ajar Pelayanan Keluarga Berencana. Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Notoatmodjo, S. (2012). Konsep Dasar Kebidanan dan Keperawatan, Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuraisyah, S. (2019). Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Risiko 4T Desa Jahiang Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan Dan Farmasi, 19(2), 304–309.

Pratiwi, A. W. E. (2019). Perbedaan Efektivitas Pendidikan Kesehatan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Dengan Menggunakan Media Leaflet dan Media Audio Visual Pada Remaja Putri di SMK NU Ungaran. Journal of Holistics and Health Sciences, 1(1), 1–10.

Soekidjo. (2010). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Renekacita.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulastri, N. (2017). Efektivitas Media Penyuluhan Terhadap Peningkatan Pengetahuan HIV-AIDS Pada Remaja di MA Muhammadiyah Yogyakarta Tahun 2017. Yogyakarta: Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta.

Tukiran. (2010). Panduan Memilih Kontrasepsi. Yogyakarta: Nuha Medika.

Wiknjosastro. (2010). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Downloads

Published

2022-01-21

How to Cite

Ayu, S. M., & Widyani, W. (2022). PENGARUH MEDIA LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PASANGAN USIA SUBUR (PUS) DI DUSUN PRINGGOLAYAN. GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 97–101. https://doi.org/10.30787/gemassika.v6i2.561

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.