SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN PENGEMBANGAN PRODUK UMKM DI DESA KARANGMALANG SRAGEN

Authors

  • Ilham Karin Rizkiawan Dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas‘Aisyiyah Surakarta
  • Frendy Wibowo Dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas‘Aisyiyah Surakarta
  • Dela Puspitasari Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas‘Aisyiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30787/empowerment.v3i1.1131

Abstract

ABSTRAK UMKM di Sragen semakin banyak dari sektor agribisnis,fashion dan kuliner sehingga persaingan antara penjual atau produsen sangat ketat. Para produsen harus memiliki ilmu manajemen dalam mengelola bisnisnya seperti manajemen pemasaran, manajemen SDM,manajemen oprasional dan manajemen keuangan, semua harus saling berkesinambungan dan dengan manajemen yang baik akan membuat bisnis semakin lebih kuat dan semakin ter koordinasi secara profesional . Di desa Karangmalang Sragen sudah memiliki UMKM yang paling banyak di bdang Fashion dan di pasarkan di area Sragen dan sekitarnya. Akan tetapi UMKM tersebut memiliki masalah dengan legalitas produk yang belum terdaftar secara sah dan berbadan hukum serta masalah label pada kemasan yang kurang menarik, segmen pasar yang masih sempit, masalah keuangandan pengembangan produk. Maka dari itu kami ingin membantu menyelasaikan masalah- masalah tersebut agar produk ini dapat berkembang dan berkemajuan. Selain itu, pengelolaan sumber daya yang ada akan kita maksimalkan agar dapat mendongkrak penjualan dan menambah pendapatan UMKM yang berada di desa Karangmaang Sragen  tersebut.   Kata kunci : UMKM, produktivitas, pengembangan produk  

References

Djafarova, E., Rushworth, C., 2017. Exploring the credibility of online celebrities’ Instagram

profiles in influencing the purchase decisions of young female users. Comput Human Behav

, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.009

Indrawati, S., Kusuma, S., Amnesti, W., n.d. Perlindungan Hukum Merek Pada Produk Usaha

Kecil di Kabupaten Kebumen. AMNESTI Jurnal Hukum 1, 2019.

Indriani, U., Syahputri, N., Ardi, Z., 2022. Pelatihan Pembuatan Logo Kemasan Makanan Dengan

Canva Dan Microsoft Word Pada Smk Tritech Indonesia.

Kisan, S., 2020. Understanding The Influence Of Celebrity-Endorsedfmcg Advertisement On Consumer’s Perception And Brand Loyalty At Different Demographic Variables. International Journal of Management (IJM) 11, 1743–1756. https://doi.org/10.34218/IJM.11.11.2020.167

Kotler, P., K., 2019. Kotler, P., Keller, K., Manceau, D., & Hemonnet-Goujot, A. (2019).

Marketing Management (16e édition) (No. hal-02176421).

Downloads

Published

2023-03-16

Issue

Section

Articles