SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN PENGEMBANGAN PRODUK UMKM DI DESA KARANGMALANG SRAGEN
DOI:
https://doi.org/10.30787/empowerment.v3i1.1131Abstract
ABSTRAK
UMKM di Sragen semakin banyak dari sektor agribisnis,fashion dan kuliner sehingga persaingan antara penjual atau produsen sangat ketat. Para produsen harus memiliki ilmu manajemen dalam mengelola bisnisnya seperti manajemen pemasaran, manajemen SDM,manajemen oprasional dan manajemen keuangan, semua harus saling berkesinambungan dan dengan manajemen yang baik akan membuat bisnis semakin lebih kuat dan semakin ter koordinasi secara profesional . Di desa Karangmalang Sragen sudah memiliki UMKM yang paling banyak di bdang Fashion dan di pasarkan di area Sragen dan sekitarnya. Akan tetapi UMKM tersebut memiliki masalah dengan legalitas produk yang belum terdaftar secara sah dan berbadan hukum serta masalah label pada kemasan yang kurang menarik, segmen pasar yang masih sempit, masalah keuangandan pengembangan produk. Maka dari itu kami ingin membantu menyelasaikan masalah- masalah tersebut agar produk ini dapat berkembang dan berkemajuan. Selain itu, pengelolaan sumber daya yang ada akan kita maksimalkan agar dapat mendongkrak penjualan dan menambah pendapatan UMKM yang berada di desa Karangmaang Sragen tersebut.
Kata kunci : UMKM, produktivitas, pengembangan produk
References
Djafarova, E., Rushworth, C., 2017. Exploring the credibility of online celebrities’ Instagram
profiles in influencing the purchase decisions of young female users. Comput Human Behav
, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.009
Indrawati, S., Kusuma, S., Amnesti, W., n.d. Perlindungan Hukum Merek Pada Produk Usaha
Kecil di Kabupaten Kebumen. AMNESTI Jurnal Hukum 1, 2019.
Indriani, U., Syahputri, N., Ardi, Z., 2022. Pelatihan Pembuatan Logo Kemasan Makanan Dengan
Canva Dan Microsoft Word Pada Smk Tritech Indonesia.
Kisan, S., 2020. Understanding The Influence Of Celebrity-Endorsedfmcg Advertisement On Consumer’s Perception And Brand Loyalty At Different Demographic Variables. International Journal of Management (IJM) 11, 1743–1756. https://doi.org/10.34218/IJM.11.11.2020.167
Kotler, P., K., 2019. Kotler, P., Keller, K., Manceau, D., & Hemonnet-Goujot, A. (2019).
Marketing Management (16e édition) (No. hal-02176421).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ilham Karin Rizkiawan, Frendy Wibowo, Dela Puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.Empowerment Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.